Yayasan Pelita Ilmu

Alat Reproduksi

alat reproduksiALAT REPRODUKSI PEREMPUAN
Alat reproduksi perempuan yang terlihat dari luar cuma bibir kemaluan dan lobang senggama yang ditutupi bulu kelamin. Alat reproduksi perempuan masuk hingga bagian dalam tubuh perempuan. Merawat bagian dalam reproduksi, sama pentingnya dengan merawat bagian luar alat reproduksi kita. Alat reproduksi perempuan terdiri dari beberapa bagian utama, yang perlu kita kenal adalah :
Rahim/Kandungan

Tempat janin tumbuh dan berkembang. Setiap bulan, rahim menyiapkan diri dengan melapisi dindingnya dengan lapisan khusus untuk menerima bayi. Kalau tidak jadi hamil, maka lapisan khusus itu runtuh berupa darah haid. Kalau perempuan hamil, lapisan khusus tidak diruntuhkan lagi, tetapi dipakai untuk menghidupi janin sehingga perempuan tidak haid saat hamil.

Serviks/Mulut Rahim

Serviks memisahkan rahim dengan liang senggama. Bermanfaat menjaga agar kotoran dan kuman tidak mudah masuk kedalam rahim. Juga, ia bermanfaat untuk menyangga kepala bayi saat perempuan hamil. Kalau perempuan terkena Infeksi Menular Seksual (IMS), meskipun tidak tampak dari luar, infeksi biasanya dapat diperiksa atau dilihat di mulut rahim.

Indung Telur

Tempat telur manusia dibuat. Disebut juga ovarium. Setiap bulan perempuan mengeluarkan satu telur matang melalui saluran telur ke arah rahim. Kalau telur matang bertemu sperma dalam air mani laki-laki, maka perempuan akan hamil.

Vagina/Liang Kemaluan


Vagina bentuknya memanjang seperti tabung. Saat berhubungan seks, penis masuk ke dalam liang vagina. Darah haid juga keluar melalui vagina. Bayi juga keluar lewat vagina pada saat perempuan melahirkan.

Dalam vagina terdapat jamur dan kuman-kuman yang tidak mengganggu tubuh kalau keseimbangan hidupnya tidak terganggu. Keseimbangan hidupnya terganggu kalau perempuan sering mencuci vagina dengan obat antibiotik atau terlalu sering berhubungan seksual. Bila keseimbangan hidup jamur dan kuman-kuman itu terganggu, maka terjadilah keputihan.

Dinding Vagina

Dinding Vagina juga punya lapisan khusus. Dinding ini lapisannya halus dan mudah sekali terluka. Kalau luka, seringkali lukanya tidak dirasakan sakit. Luka-luka di dinding vagina, memudahkan bibit atau kuman Infeksi Menular Seksual (IMS) masuk kedalam tubuh.

Bibir Kelamin/Labia

Bibir kelamin berada di luar tubuh. Ada dua bibir di dalam kelamin luar perempuan, namanya bibir besar dan bibir kecil.

Kelentit

Kelentit berada di bagian atas di anatara bibir kelamin. Bentuknya seperti biji kacang. Kelentit mempunyai syaraf yang sangat banyak sehingga sangat peka terhadap rangsangan. Kelentit bagi perempuan mirip seperti zakar laki-laki.

Selaput Dara

Berada di dalam liang vagina, tidak jauh dari mulut vagina. Selaput dara terbuat dari lapisan tipis, dengan lubang tempat keluarnya haid. Selaput dara ada yang tipis dan juga yang kaku. Selaput dara tidak bisa dijadikan jaminan kegadisan pada perempuan, karena selaput dara bisa robek karena terjatuh atau olahraga, selain karena hubungan seks.

Saluran Kencing

Saluran kencing pada perempuan berada diantara kelentit dan mulut vagina.

Payudara

Pemeriksaan payudara sangat berguna untuk mengetahui keadaan payudara, apakah normal atau ada kelainan. Pemeriksaan payudara sebaiknya dilakukan tiap bulan setelah menstruasi. Dengan pemeriksaan ini kamu dapat merasakan perubahan yang terjadi.

Melihat payudara

1. Berdirilah di depan cermin, pandanglah payudara, apakah ada perubahan dengan ukuran, bentuk, dll ataukah ada perubahan dengan putingnya. Lihatlah dengan seksama dan taruh kedua tanganmu di pinggang.

2. Jika kamu mempunyai payudara yang kecil cara mudah untuk memeriksanya yaitu dengan melumuri sedikit sabun cair pada payudara yang akan diperiksa. Taruhlah satu lengan di belakang kepala-mu dan lakukan pemeriksaan dengan lengan satunya.

3. Gunakan seluruh jarimu untuk memeriksa secara berputar dari bagian luar ke arah puting. Pemeriksaan secara berlahan dan seksama untuk merasakan apakah ada sesuatu yang aneh dari bagian payudaramu. Lakukan pula pada payudara yang satunya dengan menggunakan lengan yang lain.

4. Jika kamu mempunyai payudara yang cukup besar pemeriksaan dapat dilakukan sambil berbaring. Taruh bantal dikepalamu dan letakkan pula satu lenganmu di belakang satu kepala. Gunakan lengan lainnya untuk memeriksa payudara. Mulailah dari bagian luar berputar kearah dalam, periksa pula sekitar puting apakah terjadi perubahan pada payudaramu.

5. Jika kamu merasakan adanya perubahan pada payudara segeralah konsultasikan pada dokter sesegera mungkin. Ingatlah 9 dari 10 kasus benjolan yang ditemui pada payudara bukan merupakan kanker. Pemeriksaan dini akan memberikan pengaruh yang berbeda untuk penanganan selanjutnya.


ALAT REPRODUKSI LAKI-LAKI


Alat reproduksi laki-laki yang dapat dilihat dari luar adalah zakar dan kantung pelir (buah zakar)

Alat reproduksi laki-laki terdiri dari beberapa bagian utama. Bagian-bagian alat reproduksi yang perlu diketahui pada laki-laki adalah :

Zakar/Penis

Zakar adalah bagian terpenting dari alat reproduksi laki-laki, terdiri dari dua bagaian utama yaitu : kepala zakar dan batang zakar. Kepala zakar sama pekanya dengan kelentit pada perempuan. Batang zakar terdiri dari kelenjar spons yang dapat terisi darah sehingga zakar menjadi keras.

Kantong Pelir (Scrotum)

Kantong pelir adalah tempat testis. Di dalam testis inilah sperma dibuat. Bila sperma bertemu sel telur pada perempuan, perempuan akan hamil.

Pelir (Testis)

Pelir juga disebut testis atau buah zakar. Laki-laki memiliki dua buah testis. Besarnya seperti bola bekel. Testis dapat memproduksi sperma bila suhu testis berada di bawah tubuh. Karena itu kantong pelir berada diluar tubuh, agar suhu testis menjadi lebih dingin dibandingkan tubuh.

Saluran Sperma (Vas Deferens)


Bila sperma sudah matang, maka melalui saluran sperma, sperma akan naik dan disimpan di kantung mani (vesika seminalis)

Saluran Kencing (Urethra)

Urethra adalah saluran di dalam zakar, saluran tempat keluarnya air kencing dan air mani. keluarnya air seni atau air mani diatur oleh sebuah katup sehingga tidak bisa keluar secara bersamaan.

Bila laki-laki terkena Infeksi Menular Seksual (IMS), urethra merupakan bagian pertama yang terkena. Bila urethra terluka karena infeksi, maka kencing terasa perih karena air kencing memang melalui saluran itu dan mengenai luka-luka yang ada pada dinding saluran itu.

Kelenjar Prostat

Kelenjar prostat berada didalam tubuh, dibawah kandung kencing. Fungsinya adalah membuat cairan air mani yang akan dikeluarkan bersamaan dengan sperma. Warna cairan yang dibuatnya putih keruh dan agak kental.

Kantung Mani (Vesika Seminalis)


Kantung mani menyimpan sperma yang sudah matang. Sperma inilah yang membuahi sel telur pada perempuan. Sperma dikeluarkan bersamaan dengan cairan kelenjar prostat ketika berhubungan seks.

Keterangan lebih lanjut hubungi :
SKETSA
Jl. Peruk No. 6
Bukit Duri Jakarta Selatan
Telp 62-21-98237125
62-21-8296163

Informasi Terkini

Image
Kampanye Tema Kekerasan Seksual pada Remaja dan Anak
Tuesday, 06 May 2014
Kampanye dengan Tema Kekerasan Seksual pada Remaja dan Anak di Bundaran HI pada hari Minggu, 4 Mei 2014 yang dilakukan oleh FPKRI (Forum Peduli... Read more...
Image
T-Shirt "YPI 25"
Friday, 11 April 2014
Miliki T-Shirt "YPI 25". Diproduksi dalam rangka ulang tahun Pelita Ilmu ke 25. Bahan Combat 30s, ukuran all size, harga Rp. 50.000,-. Yang berminat... Read more...
Image
PENGUMUMAN : Pindah Kantor
Saturday, 01 February 2014
Mulai tanggal 1 Februari 2014, Sekretariat Yayasan Pelita Ilmu beralamat di: Jl. Kebon Baru IV No. 16, Asem Baris, Tebet, Jakarta Selatan 12830 ... Read more...
Image
Perpisahan Sekretariat YPI di Tebet Timur
Saturday, 01 February 2014
Sejak awal tahun 1990-an, Sekretariat Yayasan Pelita Ilmu beralamat di Jl. Tebet Timur Dalam VIII Q/6. Setelah 20 tahun, sekretariat YPI akan pindah... Read more...
Image
Charity for Children with HIV/AIDS
Wednesday, 08 January 2014
Rabu, 8 Jan 2014, General Manager Hotel GRAND ZURI, Bpk. Jaka Priatna dan staf yang beralamat di Kawasan Industri Jababeka Cikarang, menyerahkan... Read more...
Image
Tabungan Dana untuk Anak - Program Mitigasi
Tuesday, 24 December 2013
Dengan dukungan Kemensos RI, Yayasan Pelita Ilmu menjalankan Program Mitigasi Dampak HIV dengan memberikan bantuan dana kepada 200 anak di Jakarta... Read more...
Image
Pelatihan Kepatuhan Minum Obat
Tuesday, 24 December 2013
Kepatuhan minum obat (adherence) ARV sangat penting bagi Odha untuk mencapai hasil optimal pengobatan, yaitu CD4 yang meningkat dan kadar virus (VL)... Read more...
Image
Seminar Pendidikan Kespro dan Seksual Komprehensif
Thursday, 19 December 2013
Yayasan Pelita Ilmu telah menjalankan kegiatan Pendidikan Kespro & Seksual Kompehensif bagi Remaja melalui Modul Berbasis Komputer DAKU (Dunia... Read more...
Image
Penyuluhan AIDS SMA BPK Penabur
Wednesday, 11 December 2013
Sekitar 300 siswa SMA BPK Penabur menghadiri acara Penyuluhan AIDS di Hall sekolah mereka di Kalimalang, Jakarta Timur, 22 November 2013. Tim YPI... Read more...
Image
Kuliah Umum HIV-AIDS di Akper RS Jakarta
Wednesday, 11 December 2013
Ikatan Mahasiswa Akademi Perawat RS Jakarta mengadakan acara Kuliah Umum HIV-AIDS, 10 Desember 2013, yang dihadiri sekitar 100 mahasiswa, termasuk... Read more...
Image
“AYO BELI, AYO PEDULI”
Wednesday, 04 December 2013
    Hari Minggu pagi, 1 Desember 2013 berlangsung acara “AYO BELI, AYO PEDULI” di Pasar Tanah Abang Blok G. Acara yang sekaligus memperingati... Read more...
Image
Xpresikan HAKmu
Wednesday, 18 September 2013
Aliansi Satu Visi yang dimotori oleh Yayasan Pelita Ilmu sukses mengadakan perayakan World Sexual Health Day 8 September 2013 di Bunderan HI.... Read more...
Image
Pelatihan Jurnalistik Dasar Bagi Remaja
Wednesday, 10 October 2012
  Untuk lebih meningkatkan kualitas informasi maupun diskusi dalam Forum Remaja akan isu Kesehatan Reproduksi dan Seksual, diperlukan peningkatan... Read more...
Image
Menstruasi
Saturday, 14 May 2011
Apa hal yang paling heboh yang menandai masa puber kaum cewek ? Pasti kamu akan jawab menstruasi atau haid.Haid yang pertama kali (menarche) 13... Read more...
Image
Alat Reproduksi
Friday, 19 December 2008
ALAT REPRODUKSI PEREMPUANAlat reproduksi perempuan yang terlihat dari luar cuma bibir kemaluan dan lobang senggama yang ditutupi bulu kelamin. Alat... Read more...
Image
Pengertian Dasar Narkoba
Friday, 19 December 2008
Narkoba itu adalah singkatan dari Narkotika dan Obat-obatan Berbahaya atau bisa disebut juga NAPZA, singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat... Read more...
Image
infeksi Hepatitis C - HIV : Permasalahan dan Penatalaksanaan
Friday, 19 December 2008
Koinfeksi Hepatitis C-HIV sering ditemukan, mungkin hal ini disebabkan karena penularan virus hepatitis C dan HIV terjadi melalui jalur yang serupa... Read more...
Image
Jangan Sekali-Kali Coba Gunakan Putaw, Bisa Terkena HIV Akhirnya...
Friday, 19 December 2008
Nama saya Usman, umur 30 tahun. Saya terkena HIV akibat jarum suntik secara bergantian. Dulu, saya adalah pengguna narkoba jenis putaw (heroin) pada... Read more...
You are here